24 Agt 2012

7 Gadget Canggih Yang Patut Ditunggu Hingga Akhir 2012

Akhir tahun 2012 akan menjadi momen bagi para produsen gadgetmeluncurkan produk terbaiknya yang menggunakan teknologi terkini. Mulai dari smartphone, tablet, konsol game, hingga sistem operasi komputer tercanggih, akan dirilis pada akhir 2012.

Berikut ini adalah gadget dan perangkat lunak yang patut Anda nantikan sampai penghujung tahun ini.

1. iPhone 5
Smartphone terbaru besutan Apple, yang kemungkinan besar akan diberi nama iPhone 5, tak henti-hentinya diterpa rumor. Desainnya disebut-sebut akan lebih ramping dan memanjang.
Rumor yang paling disorot saat ini adalah ukuran layar dari iPhone 5. Apple dikabarkan akan mengubah ukuran layarnya menjadi 4 inci dengan aspek rasio 16:9. Seperti diketahui, sejak iPhone generasi pertama dirilis pada 2007, iPhone selalu menggunakan layar 3,5 inci.
Rumor yang tak kalah heboh adalah soal dock konektor. Apple dikabarkan akan memperkecil ukuran dock konektor iPhone 5 dari sebelumnya berukuran 30 pin, menjadi 19 pin.iPhone 5 diprediksi meluncur pada Septermber 2012.

2. iPad Mini
Masih dari perangkat mobile Apple. Sejak 2011, beredar kabar bahwa Apple sedang merancang komputer tablet berukuran antara 7 dan 8 inci. Tablet ini akan diberi nama iPad Mini.
Ia akan dibanderol dengan harga relatif terjangkau agar dapat bersaing dengan tablet berukuran kecil yang sudah beredar di pasar. Seperti iPhone 5, iPad Mini juga akan menggunakan dockkonektor 19 pin. iPad Mini dikabarkan meluncur berbarengan dengan iPhone 5.

3. Tablet Microsoft Surface
Setelah lama merancang sistem operasi Windows 8 untuk perangkat tablet, Microsoft pun memilih untuk membuat tablet sendiri yang bernama Surface.
Surface akan dirilis dalam dua versi, yakni yang menggunakan prosesor berarsitektur X86 dari Intel, dan prosesor berarsitektur ARM. Khusus perangkat yang menggunakan prosesor ARM, sistem operasi yang dijalankan adalah Windows 8 RT (RunTime). Surface akan dirilis pada 26 Oktober mendatang, bersamaan dengan perilisan sistem operasi Windows 8.

4. Nintendo Wii U
Salah satu gadget yang patut dinanti pada akhir tahun ini adalah konsol game Nintendo Wii U. Ia akan melanjutkan sukses konsol Nintendo Wii.
Nintendo Wii U dilengkapi dengan pengontrol layar sentuh yang dijuluki Wii U Gamepad. Karena Wii U Gamepad memiliki layar, pengontrol ini memungkinkan pengguna untuk terus bermain gamesekalipun televisi dimatikan. Konsol game ini mulai dipasarkan pada Desember 2012.

5. Gadget Berbasis Windows 8
Microsoft telah selesai mengembangkan sistem operasi komputer terbarunya, Windows 8.
Dirilis pada 26 Oktober mendatang, sistem operasi ini akan dirilis dalam empat versi utama, yakni Windows 8, Windows 8 Pro untuk kalangan profesional, Windows 8 Enterprise yang mengincar segmen korporat, dan Windows 8 RT untuk perangkat tablet dengan prosesor berarsitektur ARM.
Windows 8 mengalami perubahan signifikan dari sisi tampilan, mengedepankan unsur tampilan berpetak-petak yang warna-warni. Tampilan baru ini akan sedikit mengubah paradigma penggunanya tentang cara menggunakan komputer berbasis Windows 8.
Nah, setelah Windows 8 hadir, diharapkan bakal bermunculan perangkat yang memanfaatkan sistem operasi ini dari produsen perangkat yang biasa menghadirkan sistem berbasis Windows.

6. Samsung Galaxy Note 10.1
Samsung telah memperkenalkan komputer tablet terbarunya Galaxy Note 10.1. Tablet ini dipasarkan di Indonesia mulai 1 September mendatang dengan harga Rp 6,9 juta (untuk model kapasitas memori internal 16 GB, jaringan 3G + Wi-Fi).
Galaxy Note 10.1 cocok untuk kalangan profesional, desainer, atau untuk mereka yang punya hobi menggambar karena dibekali pena stylus bernama S Pen.
Tablet ini punya fitur multi-screen yang dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan dalam satu tampilan.
Dapur pacunya diperkuat oleh prosesor quad core kecepatan 1,4 GHz, RAM 2GB, resolusi layar 1280 x 800 pixel, dan berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Kamera belakangnya bersensor 5 MP dengan LED flash dan kamera depan 1,9 MP.

7. Smartphone quad core
Akhir tahun 2012 diprediksi akan menjadi tahun ketika para vendor besar berlomba merilissmartphone dengan prosesor quad core. Ya, prosesor 4 otak akan menjadi standar untuk ponsel cerdas berbasis Android.
Di tengah tren ini, para vendor dituntut untuk membuat perangkat dengan performa dan kualitas grafis yang baik. Mereka juga harus melakukan riset dan pengembangan terhadap baterai agarsmartphone-nya bisa bertahan lama, tetapi tetap mengedepankan unsur ramah lingkungan.

Cara Mengganti Logo Google Dengan Nama Kita sendiri

Siapa yang tak kenal dengan Google, mesin cari populer dengan latar halaman bernuansa putih sederhana plus logo "Google" di atas kotak mesin carinya.

Jika Anda bosan dengan tampilan logo tersebut, Anda bisa membuat halaman seperti Google dengan nama Anda. Caranya sangat mudah. Cukup klik-klik saja logo dan style yang diinginkan, dalam sekejap Anda akan bisa memiliki halaman mesin cari seperti Google dengan nama Anda. Simak langkahnya:

1. Buka situs Ini
2. Masukan nama yang Anda inginkan pada situs tersebut.
3. Tentukan style tulisan yang diinginkan, misal: Google Style.
4. Klik "Create My Search Engine".
5. Setelah itu akan muncul tampilan "Situs Google" dengan logo yang kita inginkan.

Untuk membuat tampilan tersebut menjadi halaman default ketika Anda membuka browser, copy alamat yang tertera pada Address. Caranya :

Untuk Browser Internet Explorer (IE):
1. Klik menu Tools - Internet Options
2. Pilih tab General, lalu ubah field Home Page dengan alamat tersebut.

Untuk Browser Mozila:
1. Klik menu Tools - Options
2. Pilih tab Main, lalu ubah field Home Page dengan alamat tersebut.
3. Pada field When Firefox starts, pilih settingan Show my home page, lalu klik OK.

Untuk Browser google chrome sayangnya tidak bisa, karena home page dan default search nya memang sudah dari google.

Setelah semua langkah dilakukan, Anda bisa mencoba membuka browser dan melihat hasilnya.

Microsoft Pastikan Tanggal Rilis Windows8


KOMPAS.com — Microsoft akhirnya memberi kepastian bahwa sistem operasi Windows 8 akan tersedia mulai 26 Oktober 2012. Hal itu diungkapkan Microsoft pada Rabu (18/7/2012) waktu setempat.

Pengumuman ini berarti pada tanggal tersebut konsumen seharusnya sudah bisa membeliupgrade ke Windows 8 atau Windows 8 Pro. Upgrade itu akan tersedia dalam bentuk kepingan retail ataupun melalui unduhan di internet.

Selain itu, pengguna akan bisa mendapatkan Windows 8 saat membeli perangkat komputer baru, seperti laptop dan lainnya dari produsen yang menggunakan Windows 8.
Windows 8 disebut-sebut sebagai pertaruhan besar berikutnya bagi Microsoft. Sistem operasi ini mulai memperkenalkan interface Metro yang memiliki konsep jauh berbeda dari interface Windows sebelumnya.
Selain Windows 8 untuk perangkat komputer pada umumnya (arsitektur x86 ala Intel dan AMD), Microsoft juga menyiapkan Windows untuk arsitektur ARM. Windows RT, nama sistem operasi itu, dioptimalkan untuk penggunaan di komputer tablet.

DVD Windows8 Full Version Tidak Akan Tersedia?


KOMPAS.com - Sistem operasi Microsoft Windows biasanya tersedia dalam beberapa versi seperti "Basic", "Professional", atau "Ultimate" yang bisa dibeli dalam bentuk DVD retail full-box.
Di masa depan kemungkinan hal tersebut tak akan berlaku lagi karena Microsoft berencana untuk merampingkan sistem operasi terbarunya, Windows 8, dengan hanya menyediakan pilihan versi terbatas.

Seperti dilansir oleh The Verge dari Insideris.com, saat dirilis pada Oktober nanti, Windows 8  dikabarkan tak akan tersedia dalam paket retail full-box, melainkan berupa DVD upgrade dan "System Builder Kit".
Apa bedanya? DVD retail full-box merupakan paket sistem operasi utuh yang bisa dipasang pengguna pada komputernya, baik baru maupun lama. Sedangkan versi updgrade mensyaratkan adanya sistem operasi sebelumnya.

Paket DVD Windows 8 upgrade ditujukan bagi pengguna Windows versi sebelumnya yang ingin mencicipi sistem operasi baru tersebut, sementara paket System Builder Kit tak lain merupakan paket OEM Windows 8  yang dimaksudkan untuk perakit PC yang ingin melakukan clean-installWindows.

Selama ini, tak seperti paket retail full-box, paket OEM datang tanpa dukungan support via e-mail dan telepon dalam jangka waktu 90 hari setelah aktivasi. Harganya juga lebih murah.
Sebagai perbandingan,  paket full-box (retail) Windows 7 Professional dibanderol seharga 299 dollar AS, sementara paket OEM Windows 7 Professional cukup ditebus dengan 134 dollar AS.

Harga paket OEM Windows 8 masih belum diketahui, tetapi harga paket upgrade DVD disinyalir berkisar di angka 40 dollar AS.

Windows 8 hanya terdiri atas 2 versi: Windows 8 dan Windows 8 Pro. Selain melalui DVD, pengguna  Windows XP, Vista, dan 7 dapat melakukan upgrade ke Windows 8 Pro lewat Internet.

Microsoft Rilis Logo Baru Setelah 25 Tahun


Headline
Seattle -- Setelah 25 tahun, perusahaan raksasa komputer Microsoft akhirnya mengganti logo perusahaan mereka.


Microsoft yang sebelumnya selalu menggunakan logo yang solid, tebal, dan miring sejak 1987, akhirnya merilis logo baru mereka yang lebih berwarna saat pembukaan toko terbaru Microsoft di Boston, AS, kemarin (23/8).

Dilansir oleh Reuters, logo baru tersebut menggabungkan simbol multiwarna Windows dengan tipografi khas Microsoft namun lebih ringan, diharapkan mampu memberikan nuansa baru dan segar, seperti diungkapkan Manajer Umum Strategi Merek Microsoft, Jeff Hansen dalam sebuah blog di website Microsoft.

"Sudah 25 tahun sejak kami telah memperbarui logo Microsoft dan sekarang kami rasa ini juga waktu yang tepat untuk merefleksikan perubahan dan pembaharuan dalam logo Miscrosoft," kata Hansen.

Logo baru tersebut dirilis bersamaan dengan persiapan Microsoft mengeluarkan versi terbaru dari setiap produk mereka, dari Windows, Windows Phone, hingga Office. Produk-produk tersebut juga akan disertai dengan penampilan baru yang segar dan sederhana, dengan batasan lebih sedikit, namun lebih berwarna.

Logo anyar tersebut juga meliputi perubahan tipografi pada tulisan 'Microsoft'. Kali ini Microsoft memakai huruf jenis Segoe, huruf yang diciptakan oleh mereka dan telah digunakan dalam banyak produk dan pemasaran selama bertahun-tahun. Jenis huruf yang sama juga dipakai dalam logo baru Windows 8.

Sebagai tambahan, dua huruf paling belakang (huruf 'f' dan 't') dalam tulisan 'Microsoft' juga terhubung dengan satu garis. Dan untuk pertama kalinya, logo perusahaan ini juga mengikutsertakan sebuah simbol, sebuah kotak dengan empat warna, yakni merah, hijau, kuning, dan biru, yang sebenarnya tak terlalu baru bagi Microsoft.