23 Agt 2012

5 Prinsip Belajar

1. Mengenali betul apa yang menarik untuk kita
Jika kita mengetahui betul apa sesungguhnya yang menarik bagi kita , tentu akan lebih mudah mencari ragam informasi penting yang akan kita pelajari. Tak ada apapun yang mampu memberikan informasi tentang apa yang menarik untuk dipelajari kecuali kita sendiri. Ada sebaiknya sekali waktu, anda berhenti belajar, lalu tanyakan pada diri sendiri untuk apa anda belajar? Jika anda cukup punya alasannya, tidak salah jika anda mengujinya dengan mengikuti beberapa tes untuk melihat tingkat pemahaman kita & cara untuk meningkatkannya. Hal terpenting yang perlu diingat adl seberapa cepatpun kita bisa memahami suatu informasi, maka informasi itu juga dengan mudah hilang di ingatan jika ternyata informasi tersebut bukan seperti suatu hal yang menjadi inti ketertarikan kita.

2. Kenalilah kepribadian diri sendiri
Jika kita tahu betul siapa kita, dan apa yang kita inginkan , maka mempelajari sesuatu yang sesuai dengan keinginan & kepribadian kita menjadi lebih mudah dilakukan.  Sebab apapun yang akan kita pelajari & pahami. Sering kali menjadi sia-sia jika ternyata tak sesuai dengan kepribadian kita. 


3. Rekam semua informasi dalam kata.
Langkah yang paling mudah & bijaksana adalah bila kita *terbiasa* merekam semua informasi itu dengan cara menuliskan kembali dalam bentuk apa saja. Gambar , coretan , & yang terbaik adalah catatan tertulis buatan tangan sendiri 


4. Belajar bersama orang lain
Cara termudah untuk belajar sesungguhnya adalah bila kita melakukannya dengan bersama-sama. Prinsip belajar ini hampir selalu efektif bagi setiap orang dengan karakter belajar apapun yang dimilikinya  selain ituh belajar juga menjadi terasa lebih menyenangkan & riang bila dilakukan secara bersama-sama.


5. Hargai diri sendiri
Belajar memahami & menzerap informasi akan lebih terasa bermanfaat & berarti bila kita menghargainya, jadi rencanakan apa yang anda akan pelajari & apa yang akan anda pahami setelah itu . Cobalah membuat jeda diantara waktu belajar yang anda lakukan, setelah itu lihat seberapa besar tingkat keberhasilan anda dalam mempelajari suatu informasi / fakta tertentu, bila anda belajar dengan cara apa saja, misalnya merayakannya 

10 Cara Ampuh Membuat Cewek Tergila-Gila Dengan Anda

Fakhrinet Friend-Cowok memang ditakdirkan lebih agresif ketimbang cewek. Itulah kenapa akhirnya cowok menjadi pihak yang lebih banyak mengejar daripada dikejar-kejar. Tapi kini, tidak sedikit cewek yang "tergila-gila" kepada cowok dan berusaha mengejarnya. Ini jelas terlihat, bukan hanya di cerita film-film, sinetron atau novel. Tapi juga di kehidupan nyata. Bagaimana agar hal itu terjadi pada diri Anda?

Berikut ini, ada 10 Trik yang diyakini ampuh membuat para cewek "tergila-gila" sama cowok yang didasarkan dari berbagai sumber:

1. Jujur dan gentle
Fakhrinet friend Sebenarnya, bukan perkara sulit membuat dia 'mendatangi' fakhrinet friend. Tentu saja asal tahu caranya. Jadi, begitu kamu merasa bertemu dengan seorang cewek yang seseuai dengan apa yang diidam-idamkan, maka tunjukan bahwa fakhrinet friend adalah pria jujur, sopan, sekaligus charming. Tunjukkan juga kalau fakhrinet friend tuh sangat antusias untuk mendengarkan ceritanya. Kalau fakhrinet friend bisa terlihat seperti itu, bisa dipastikan cewek-cewek bakal kepingin nempel terus.

2. Jangan terlalu banyak menilai
Fakhrinet friend Ini nih kebiasaan yang sering dilakukan banyak cowok (cewek juga sih). Padahal semua orang tahu, tidak ada sesuatu yang sempurna atau bobody's perfect. Yah, kalau dinilai-nilai terus, cewek juga bakal sebal. Apalagi kalau dibanding-bandingkan dengan cewek lain, bisa-bisa dia malah menjauhi fakhrinet friend.

3. Jangan mengikat
Fakhrinet friend boleh saja menyukainya, sekaligus berharap dia akan menyukai kamu tentunya. Tapi bukan lantas fakhrinet friend harus mengekang atau mengikatnya. Beri dia ruang gerak. Maksudnya jangan keseringan menyorongkan diri di sekitar dia. Biarkan dia menebak-nebak, dimana kamu berada, sedang melakukan apa dan sama siapa. Asal tahu saja, ketidakhadiran kamu itu, justru bisa menumbuhkan kerinduan dalam dirinya.

4. Willing
Saat dia bercerita sesuatu, tunjukkan kesan bahwa kamu tertarik dan antusias mendengarkan ceritanya. Tunjukkan pula bahwa fakhrinet friend bersedia mendengarkan keluhan dan curahan hatinya. Entah cerita biasa atau masalah keluarga, pekerjaan, hobi, sampai mimpi-mimpinya. Jangan lupa untuk menanggapi cerita-ceritanya dengan pendapat-pendapat yang brilian, tanpa terkesan menggurui.

5. Banyak Senyum
Sudah jadi rahasia umum kalau senyuman itu merupakan salah satu senjata ampuh untuk TP(Tebar pesona). Kata para ahli, tersenyum itu merupakan refleksi diri seseorang yang punya pemikiran positif. Nah, kalau fakhrinet friend memang gemar tersenyum, maka tularkan kebiasaan tersebut ke cewek yang ditaksir. Caranya? Bikin dong dia tersenyum lewat joke-joke yang kamu lontarkan. Tapi ingat, don't be selfish, dong. Jangan cuma dia yang kamu bikin tersenyum, tapi akan lebih baik jika kamu bisa membuat teman-temannya bahkan juga keluarganya bila perlu untuk tersenyum juga. Percaya deh, si dia pasti makin terpesona dengan anda. Apalagi survei membuktikan kalau 9 dari 10 wanita lebih suka cewek yang punya selera humor tinggi.

6. Jadi yang terbaik
Menjadi yang terbaik, bukan lantas fakhrinet friend melakukan segala hal yang sebenarnya tidak mampu dilakoni. Jangan memaksakan diri, be the best you can be saja. Nggak susah kok. Kamu pasti tahu dong apa yang digemari para cewek? Dengan tampil bersih, harum, nafas segar, dan nggak terlalu berantakan, cewek pasti banyak yang melirik.

7. Jangan mengejar duluan
Cobalah untuk menahan keinginan melancarkan aksi terlebih dahulu, seperti meneleponnya terus-menerus -selusin kali- dalam sehari, mengiriminya SMS atau e-mail yang isinya penuh dengan bullshit. Sebaliknya, gimana caranya agar kamu jarang menelepon atau SMS, tapi dia tetap terpesona.

8. Jual mahal sedikit
Yang ini nih merupakan lanjutan atau pun bentuk lain dari nasihat yang melarang cowok untuk mengejar cewek duluan. Meskipun mungkin si cewek tahu kalau Fakhrinet friend sebetulnya ngebet sama dia, coba deh keukeuh untuk tidak melayani apa maunya. Pura-pura cuek kalau kamu sedang di dekatnya.

9. Biarkan dia menebak-nebak
Perlu diketahui bahwa, mahluk yang namanya cewek itu gemar akan sesuatu yang bersifat misterius, lho. Itulah kenapa banyak cewek yang menjadi pengarang cerita-cerita berbumbu petualangan dan misteri, seperti Agatha Christie atau Enid Blyton. Bikin dia seperti itu. Caranya? Jangan sering-sering nongol atau nelpon. Jangan langsung membuka diri.
Beri dia sedikit-sedikit saja tentang siapa sebenarnya kamu. Soalnya, kalau langsung membuka diri bisa-bisa dia akan bosan dan bilang "sudah nggak ada tantangan lagi". Makanya biarkan rasa ingin tahunya tentang diri kamu terus tumbuh dan berkembang. Dengan begitu, dia pun akan selalu berharap untuk mengenal kamu lagi dan lagi.

10. Jangan Terlalu Sok akrab
Tidak sedikit cowok yang bertanya-tanya, kenapa para cewek lebih memilih menjadi sahabat ketimbang menjadi kekasih. Salah satu jawabannya adalah, dia mungkin merasa hubungan dengan fakhrinet friend sudah kelewat dekat, sehingga lebih enak untuk dijadikan teman. Nah, bila kamu benar-benar suka sama cewek, sebaiknya jangan dulu sok akrab

7 Kebiasaan Jorok Yang Sering Dilakukan Wanita

 Bukan cuman pria saja yang sering melakukan kebiasan jorok ternyata wanita juga sering melakukan kebiasan jorok juga lho, seperti yang kamu ketahui wanita itu biasa lebih terlihat rapi dan bersih sehinga jauh dari kesan jorok namun nyatanya ada juga kebiasan kebiasn jorok yang sering sekali di lakukan wanita kamu ingin tahu kebiasan apa aja itu simak 7 kebiasan jorok paling sering dilakukan wanita berikut ini.

1. Pakaian bekas pakai
Pakaian yang baru saja dipakai sering digeletakkan begitu saja di tempat di mana Anda melepaskannya, dan mungkin saat akan mencuci atau saat ingin menggunakannya lagi Anda baru menemukannya! Selain berantakan, penyimpanan yang sembarangan ini bisa merusak warna pakaian karena jamur, noda dan kotoran yang menempel terlalu lama.

2. Menumpuk cucian piring
Dengan alasan sekali jalan mencucinya, piring kotor ditumpuk bersama sisa-sisa makanan di dekat tempat cucian. Niatnya sih sebelum tidur Anda akan membersihkannya, tapi seringkali terlewat karena ketiduran. Padahal kebiasaan ini dapat memancing semut, tikus dan berbagai macam jamur yang tumbuh di sisa-sisa makanan, yang tentu saja tidak sehat untuk kesehatan dan kebersihan Anda.

3. Merapikan tempat tidur
Nanti saja merapikannya, toh juga dipakai tidur sendiri. Mungkin itu alasan yang digunakan para wanita ini untuk meninggalkan tempat tidur mereka dalam keadaan berantakan di pagi hari dan malas merapikan di malam hari.

4. Menaruh barang sembarangan
Tidak hanya barang-barang yang harus disimpan, kemasan kosong pun Anda letakkan di mana pun itu (bahkan Anda pun tidak ingat!). Untuk barang-barang yang harus disimpan, tentu ini menyulitkan saat ingin mengambilnya lagi. Sedangkan jika itu kemasan kosong, sekalipun bersih, tetap saja menjadi sampah untuk rumah Anda.

5. Memenuhi tempat kosong
Diakui atau tidak, banyak wanita yang tanpa sadar tidak bisa membiarkan meja atau atas lemari tempat pribadi mereka terlihat lowong. Begitu Anda terburu-buru harus meletakkan atau memindahkan barang, tanpa pikir panjang tempat-tempat lowong itu akan diisi dengan kertas-kertas dan barang-barang lainnya. Tidak masalah jika Anda juga punya kebiasaan menyempatkan diri untuk menatanya kembali.

6. Tidak menghabiskan makanan
Hanya mencomot sedikit makanan karena takut berat badan nambah, dan kemudian meninggalkannya entah untuk dibereskan siapa adalah salah satu kebiasaan yang menyusahkan juga. Jika dibiarkan, tentu makanan itu akan menjadi sampah, mengundang bau tak sedap dan semut.

7. Membiarkan kamar mandi kotor
Walaupun hanya digunakan sebentar-sebentar saja dalam satu hari, kamar mandi adalah tempat yang mudah kotor dan harus sering dibersihkan. Membersihkan kamar mandi memang membutuhkan kemauan dan keberanian untuk basah dan menyentuh tempat-tempat yang sepertinya kotor, namun jika Anda tidak memiliki pembantu untuk membersihkannya tentu Anda harus turun tangan sendiri

7 Fakta Mengejutkan Tentang Kopi

Sangat banyak orang Indonesia yang senang menyeruput kopi. Saat sarapan atau pada sore hari, kopi sering menjadi bagian dari ritus keseharian kita. Saat menerima tamu, kopi juga tak jarang jadi suguhan utama. Selama ini, kopi jarang diidentikkan dengan minuman sehat. Kopi sering didakwa menjadi pemicu lambung perih dan beraneka gangguan kesehatan lainnya. Namun, ternyata ada 7 fakta mengejutkan tentang kopi yang mungkin Anda belum tahu.



1. Kopi bisa mencegah depresi.

Banyak penyeruput kopi pagi akan bilang bahwa minuman itu bisa melambungkan semangat. Namun, kini ada fakta ilmiah yang membuktikan itu. Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine bulan lalu mengungkapkan bahwa para wanita yang secara teratur menyesap kopi berkafein memiliki risiko depresi 20 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang tak pernah minum kopi. Penelitian ini, yang diikuti sekelompok wanita selama 10 tahun, menemukan fakta bahwa semakin banyak kita mengonsumsi kopi (hingga enam cangkir per hari), semakin menjauh depresi.



2. Bisa ikut membantu kita mencapai bobot tubuh yang sehat.

Menyesap espresso atau cappuccino setelah makan bukan sekadar sebuah kebiasaan yang membuat kita jadi rileks. “Saat menyeruput kopi seusai makan, tubuh Anda jadi memproses makanan yang diasup tersebut secara lebih lambat,” kata Chris Kilham, seorang peneliti kedokteran, pendiri Medicine Hunter, Inc. dan penulis buku Psyche Delicacies. Menurut David Levitsky, Ph.D., seorang profesor ilmu gizi Cornell University, “Kafein menurunkan menurunkan tingkat pemrosesan makanan saat perut menurunkan isinya ke duodenum, bagian dari usus halus di mana perncernaan terjadi, serta meningkatkan metabolisme.” Namun, ingat cara kerjanya bukan seperti mukjizat. Menenggak kopi tidak membuat bobot Anda turun, hanya membantu Anda mencapai berat badan sehat.

3. Bisa mendongkrak kesuburan pria.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein berdampak positif kepada motilitas sperma, kemampuan sperma untuk bergerak ke arah sel telur, dan bisa meningkatkan peluang terjadinya kehamilan,” kata John Wilcox, MD, FACOG, endokrinologis reproduksi di HRC Fertility, California. Bahkan, sebuah penelitian lain yang dilakukan di University of Sao Paulo menemukan fakta bahwa motilitas sperma terlcatat jauh lebih tinggi pada penenggak kopi dibandingkan dengan mereka yang tidak suka menyeruputnya.



4. Bisa mengundang bakteri.

Wow! Anda mungkin mengira bahwa tempat yang mengandung paling banyak bakteri di rumah Anda adalah tempat cuci piring atau tempat sampah. Namun, ternyata wadah di mesin pembuat kopi Anda ada di puncak daftar. Sebuah studi yang dilakukan oleh NSF International, menemukan fakta bahwa wadah mesin pembuat kopi seingkali mengandung jamur dan bakteri,” kata Robert Donofrio, Ph.D., Direktur Laboratorium Mikrobiologi NSF International. Untuk mencegahnya, ikuti dengan cermat protokol yang disarankan produsen mesin yang Anda gunakan. Kalau tidak, Anda bisa menggunakan cuka untuk membersihkannya secara menyeluruh. Tuang cuka ke wadah tersebut, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan residu cuka dengan emnjalankan mesin dua-tiga kali. Beres.

5. Menurunkan risiko kanker kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Brigham dan Women’s Hospital mengungkapkan fakta bahwa wanita yang menyesap lebih dari tiga cangkir kopi per hari memiliki 20% lebih rendah risiko terkena basal cell carcinoma dan pada pria risikonya mengecil 9%.


6. Kopi tidak benar-benar adiktif.

Liz Applegate, Ph.D., staf pengajar dan Direktur Gizi Olah Raga di University of California di Davis, menjelaskan bahwa kafein tidak bersifat adiktif. “Kafein adalah stimulan pikiran dan World Health Organization (Organisasi Kesehatan Dunia) menyatakan bahwa membandingkan tindakan mengasup kafein dan obat-obatan adalah tindakan keliru karena orang dapat mengurangi asupan kafein tanpa mengalami masalah psikologis dan fisik serius yang biasa terjadi pada kasus kecanduan.”

7. Kopi tidak benar-benar membuat Anda sakit perut.

Jika Anda menuding kopi saat merasa ada yang tak enak pada perut Anda, sebaiknya kunjungi dokter untuk mencari tahu apa akar permasalahan dari masalah perut tersebut. Menurut Lauren Gerson, MD, M.Sc., associate professor kedokteran dan gastroenterologi di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford, “Tak ada bukti dari penelitian-penelitian yang pernah diulas bahwa kopi menyebabkan maag atau rasa sakit pada pasien penderita maag.” Ia juga mencatat bahwa tak ada bukti bahwa kopi menjadi pemicu nyeri perut pada penderita masalah pencernaan. Namun, ada satu persoalan pencernaan yang bisa diperburuk oleh kopi. Dr. Gerson menjelaskan bahwa menyesap kopi bisa memperparah gejala nyeri ulu hati karena kopi merangsang produksi asam lambung.