23 Agu 2012

5 Prinsip Belajar

1. Mengenali betul apa yang menarik untuk kita
Jika kita mengetahui betul apa sesungguhnya yang menarik bagi kita , tentu akan lebih mudah mencari ragam informasi penting yang akan kita pelajari. Tak ada apapun yang mampu memberikan informasi tentang apa yang menarik untuk dipelajari kecuali kita sendiri. Ada sebaiknya sekali waktu, anda berhenti belajar, lalu tanyakan pada diri sendiri untuk apa anda belajar? Jika anda cukup punya alasannya, tidak salah jika anda mengujinya dengan mengikuti beberapa tes untuk melihat tingkat pemahaman kita & cara untuk meningkatkannya. Hal terpenting yang perlu diingat adl seberapa cepatpun kita bisa memahami suatu informasi, maka informasi itu juga dengan mudah hilang di ingatan jika ternyata informasi tersebut bukan seperti suatu hal yang menjadi inti ketertarikan kita.

2. Kenalilah kepribadian diri sendiri
Jika kita tahu betul siapa kita, dan apa yang kita inginkan , maka mempelajari sesuatu yang sesuai dengan keinginan & kepribadian kita menjadi lebih mudah dilakukan.  Sebab apapun yang akan kita pelajari & pahami. Sering kali menjadi sia-sia jika ternyata tak sesuai dengan kepribadian kita. 


3. Rekam semua informasi dalam kata.
Langkah yang paling mudah & bijaksana adalah bila kita *terbiasa* merekam semua informasi itu dengan cara menuliskan kembali dalam bentuk apa saja. Gambar , coretan , & yang terbaik adalah catatan tertulis buatan tangan sendiri 


4. Belajar bersama orang lain
Cara termudah untuk belajar sesungguhnya adalah bila kita melakukannya dengan bersama-sama. Prinsip belajar ini hampir selalu efektif bagi setiap orang dengan karakter belajar apapun yang dimilikinya  selain ituh belajar juga menjadi terasa lebih menyenangkan & riang bila dilakukan secara bersama-sama.


5. Hargai diri sendiri
Belajar memahami & menzerap informasi akan lebih terasa bermanfaat & berarti bila kita menghargainya, jadi rencanakan apa yang anda akan pelajari & apa yang akan anda pahami setelah itu . Cobalah membuat jeda diantara waktu belajar yang anda lakukan, setelah itu lihat seberapa besar tingkat keberhasilan anda dalam mempelajari suatu informasi / fakta tertentu, bila anda belajar dengan cara apa saja, misalnya merayakannya 

0 comments:

Posting Komentar