11 Mei 2012

Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol



Menurut American Heart Association, kadar kolesterol dalam darah dapat diturunkan dengan makanan yang sehat, seperti dilansir oleh healthmeup berikut;
1.       Oatmeal. Jika Anda mengganti sarapan Anda setiap hari dengan sepiring oatmeal, maka Anda tak perlu lagi cemas pada kadar kolesterol yang tinggi. Mengkonsumsi oatmeal selama 6 minggu mampu menurunkan hingga 5,3% kolesterol Anda.


2.       Anggur merah. Buah ini punya efek yang menguntungkan bagi penurunan kolesterol Anda.
3.       Salmon dan minyak ikan. Kadar omega 3 yang dikandungnya mampu meningkatkan level kolesterol baik, dan menurunkan LDL atau kolesterol jahat yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.
4.       Kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung lemak sehat yang boleh Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan lemak, tanpa takut terjadi peningkatan kolesterol.
5.       Kedelai dan kacang merah. 1/2 cangkir yang ditambahkan ke dalam makanan Anda sehari, akan menurunkan sekitar 8% kadar kolesterol, selain juga memenuhi kebutuhan serat tubuh.
6.       Teh. Antioksidan teh baik untuk kesehatan. Selain itu phytochemical yang ada dalam teh mampu melindungi tulang dan menurunkan LDL jahat.
7.       Coklat murni /dark chocolate. Antioksidan yang dikandung coklat, menurut penelitian, dapat mengurangi kerusakan yang terjadi di pembuluh darah. Makan 100 gr coklat setiap hari dapat menghindarkan kerusakan kardiovaskular.
8.      Bayam. Terdapat 13 macam Flavonoid dalam bayam, yang bisa membuat Anda sesehat Popeye.
9.       Minyak zaitun. Asam lemak tak jenuhnya bisa menurunkan kolesterol .
10.   Apel. Buah ini pun terbukti mampu menurunkan kolesterol.


0 comments:

Posting Komentar