23 Jun 2012

Cara Mengatasi Google Pinguin Pada Blog


Kita pasti mengetahui alogaritma google untuk memberikan ranking di serp. Dalam urusan ini, google menggunakan Google Panda. Nah, sekarang ada lagi alat tempur baru dari google untuk terus memperbaiki kualitas search engine nya agar lebih relefan.
Tersebutlah Google Pinguin. Nama resmi yang dikeluarkan oleh google dan resmi dirilis tepatnya tanggal 24 april 2012.
Sesungguhnya google memiliki variasi alogaritma yang digunakan untuk meranking halaman-halaman web/ blog. Dan google juga secara berkala merubah dan melakukan update terhadap alogaritma-alogaritma tersebut. Ketika google mengeluarkan alogaritma terbaru, inilah yang biasa disebut sebagai “update”.
Sejarah Nama Google Panda
Pemberian nama google pinguin ini diberikan oleh google sendiri seperti yang diupdate Vince tahun 2009. Kalau Google tidak memberi nama, terkadang yang lain seperti webmaster, blogger bisa menamainya dengan “Mayday update” seperti pada tahun 2010.
Dengan hadirnya google pinguin, sepertinya sejarah terulang kembali. Dimana Google terlambat memberikan nama untuk update-nya setelah sesuatu dilakukan.Hal yang sama terjadi pada Panda tahun lalu. Dimana ketika update Panda pertama di luncurkan pada february 2011, Google awalnya tidak memberikan nama seperti itu tetapi Farmer.

Google Pinguin

Mengenal Google Pinguin Dan Dampaknya
Tugasnya adalah untuk melawan konten yang kualitasnya rendah, yang sering dikaitkan dengan “content farms”. Nama ini sendiri diberikan secara tidak resmi. Karena tidak mau terdengar seperti mengincar content farms, maka google membiarkan istilah panda beredar di kalangan webmaster dan blogger.
Oya, sekedar informasi tambahan Panda diambil dari nama salah satu engineer yang terlibat pada waktu itu.

Sampai saat tulisan ini diposting, dampak langsung yang saya alami untuk blog ini boleh dikatakan hampir tidak ada. Entah karena kurang optimasi seo atau memang kena pinalti. Namun pada berbagai forum-forum internet lainnya nampaknya ada sebagian webmaster/ blogger merasakannya. Tentu saja dampak yang paling terasa adalah web/ blog dengan kunjungan tinggi setiap harinya kemudian tiba-tiba visitor turun drastic.

Nah, kali ini saya akan share bagaimana Cara Mengatasi Google Pinguin. Karena sudah terlalu panjang lebar penjelasan saya mengenai google pinguin, langsung aja deh cekidot caranya gimana.

Cara Mengatasi Google Pinguin 

  1. Hindari teks tersembunyi atau link tersembunyi.
  2. Jangan gunakan cloaking atau sneaky redirects.
  3. Jangan mengirimkan query otomatis ke Google.
  4. Jangan memuat halaman dengan kata kunci yang tidak relevan.
  5. Jangan membuat halaman, subdomain, atau domain dengan duplikat konten substansial.
  6. Jangan membuat halaman dengan perilaku jahat, seperti phishing atau menginstall virus, trojan, atau malware lain.
  7. Hindari halaman “doorway” yang dibuat hanya untuk mesin pencari, atau “cookie cutter” pendekatan seperti program afiliasi dengan konten asli sedikit atau tidak ada.
  8. Jika situs Anda berpartisipasi dalam program afiliasi, pastikan bahwa situs Anda menambahkan nilai. Menyediakan konten unik dan relevan yang memberikan alasan bagi pengguna untuk mengunjungi situs Anda terlebih dahulu.
Semoga bermanfaat buat temen-temen semua. :)

2 komentar:

  1. Punya saya terkena bos...

    Sayang sekali, semua jatuh dan hilang dari SERP Google. :'(

    BalasHapus
  2. perasaan saya semuanya narutal-natural saja bang,,tapi kenapa ya masih kena juga...

    BalasHapus