16 Apr 2012

4 Kesalahan Diet Yang Membuat Anda Cepat Tua


Setiap orang harus menghadapi perubahan fifik dan mental seiring terjadinya proses penuaan. Namu faktanya adalah makan yang kita konsumsi dapat mempercepat proses penuaan, membuat kita jadi lebih tua sebelum waktunya. Alasanya sederhana: “Kita mengkonsumsi terlalu banyak makan olahan,” ujar David Katz, MD, direktur dari Prevention Research Center dari yale University. “Makan tersebut seringkali tinggi kalori dan rendah gizi seperti Vitamin B12 dan omega3, dan pada akhirnya tubuh kita yang kekurangan gizi.” Ketidakmampuan melakukan sesuatu cenderung kita anggap sebagai hasil dari proses penuaan. Berkonsultasilah dengan dokter anda untuk mengatur pola makan atau menambah suplemen yang dapat membantu anda untuk terlihat dan merasa lebih muda.

Kesalahan #1: Anda Menghindari Semua Protein Hewani

Alasan mengapa hal ini dapat membuat anda lebih cepat tua: Anda mungkin kekurangan vitamin B12 yang sangat penting untuk energi. Vitamin B12 hanya ditemukan di dalam makanan yang berasal dari hewan. Nutrisi ini membantu mengatur metabolisme dan produksi energi anda serta menjadi kunci untuk menjaga agar otak dan sistem saraf tetap sehat. “Kelelahan merupakan tanda klasik kekurangan vitamin B12, yang biasanya muncul pada mereka yang tidak banyak mengkonsumsi protein hewani,” ujar Danine Fruge, Md, direktur medis asosiasi dari Pritikin Longevity Center & Spa di Miami. Mengunyah banyak antacid untuk meringankan sakit magg juga dapat mengakibatkan defisiensi B12 karena atasida menggangu penyerapan B12. Perbaikan makanan: Miliki dua porsi makanan susu tanpa lemak seperti susu bebas lemak atau yogurt tanpa lemak, dan 3 ampai 4 ons protein setiap hari. Sumber yang baik dari vitamin B12 termasuk makanan laut, sperti ikan kerang, tiram, dan remis serta daging tanpa lemak, ayam dan sereal yang telah diperkaya dengan berbagai vitamin. Solusi tambahan: Minumlah500 sampai 1000 mcg vitamin B12 dalam bentuk tablet setiap hari untuk meningkatkan dan mempertahankakn tingkat B12 anda.

Kesalahan #2: Anda Menghindari Suplemen
Alasan mengapa hal ini dapat membuat anda lebih cepat tua: Anda kekurangan mangan dan tembaga, yang membantu mencegah nyeri sendi. Karena mengan dan tembaga keduanya penting untuk menjaga tulang rawan sendi dan juga fleksibilitas tulang. “Dalam banyak kasus, nutrisi tambahan ini membalikkan kerusakan sendi dan menghilangkan rasa sakit,” ujar Dale Peterson, MD, direktur dari Comprehensive Wellness Center di Sapulpa, Oklahoma. “Tubuh sebenarnya dapat memperbaiki sejumlah besar kerusakan jika diberikan dukungan nutrisi yang tepat.” Perbaikan Makanan: Kacang-kacangan, daging sapi dan bayam merupakan sumber yang baik akan nutrisi-nutrisi ini, tetapi anda tidak dapat memenuhi kebutuhan tembaga dan mangan hanya dari makanan, jadi pilihlah suplemen, saran Dr. Peterson. Konsumsilah 2 mg tembaga dan 5 mg mangan setiap hari. Dalam waktu 2 sa,pai 3 bulan, sakit sendi anda akan berkurang.

Kesalahan #3: Anda Menghindari Ikan dan Lemak
Alasan mengapa hal ini dapat membuat anda lebih cepat tua: Ikan dan minyak yang sehat (seperti zaitun) menawarkan sumber omega-3 terbaik dari asam lemak esensial, yang membantu mencegah hilangnya memori. “Asam lemak merupakan bagian dari pertahanan otak,” jelas Andrew Weil, MD, direktur dari Center for Integrative Medicine di University of Arizona. “Jika Anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dalam diet anda, arsitektur otak menjadi lemah, dan fungsi otak, termasuk memori, akan menderita.” Namun tidak hanya jumlah omega-3 yang penting, keseimbangan omega-3 dan omega-6 sama pentingnya. “Diet kita seringkali dibanjiri dengan asam lemak omega-6, sebagian besar dari makanan olahan,” ujar Dr. Weill. “Semakin banyak omega-6 yang anda konsumsi, semakin banyak omega-3 yang anda perlukan untuk menyeimbangkan level kedua kandungan tersebut. Kebanyakan dari kita tidak cukup banyak mengkonsumsi omega-3 dan mengkonsumsi terlalu banyak omega-6.” Perbaikan Makanan: Pertama, sedapat mungkin kurangi konsumsi makanan olahan dan makanan jadi. Masaklah menggunakan minyak zaitun atau canola. Kemudian makanlah 3.5 ons salmon liar dan 3.5 ons hering, sarden, atau halibut setiap minggu. Tambahkan 2 sendok makan biji rami yang baru digiling dengan sereal, gandum utuh, atau shakesetiap hari, dan hiasan salad atau sereal dengan 1 sdm kenari 5 kali dalam smeinggu. Akhirnya, nikmati 9-12 almond 4 kali dalam seminggu. Solusi tambahan: Konsumsi minimal 2.000 mg minyak ikan setiap hari. Carilah 1.000 mg kapsul yang merupakan kombinasi dari docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenooic acid (EPA).

Kesalahan #4: Anda Menyukai Makanan Kemasan
Alasan mengapa hal ini dapat membuat anda lebih cepat tua: Makanan kemasan, menyebabkan tekanan darah tinggi yang menghentikan sodium dan buah-buahan segar serta sayuran mengandung kalium yang menurunkan tekanan darah. “Terlalu sedikit kalium dalam diet anda akan memperbesar efek racub dari asupan asupan garam yang berlebihan,” ujar Dr. Fruge. Kebanyakan makanan olahan telah menambahkan natrium tanpa tambahan kalium ekstra. Jadi jika makana anda ada didalam kotak, anda kemungkinan berada dalam resiko. Memperburuk situasi ini, saat ginjala anda mencoba untuk menghilangkan garam, anda kehilangan lebih banyak kalium. “Ketidakseimbangan dari kerusakan pembuluh darah menaikkan tekanan darah,” tulis Dr. Fruge. “Mengkonsumsi makanan yang lebih baik dapat memperbaiki masalah ini.” Perbaikan Makanan: Kurangi konsumsi natrium tidak lebih dari 1500 mg/hari, dam mengkonsumsi 7 sampai 9 porsi buah dan sayuran setiap hari.

0 comments:

Posting Komentar