16 Apr 2012

Peta & Strategi Menuju Tujuan Hidup


Dalam rangka menemukan tujuan hidup, hal yang perlu kita perhatikan adalah: Sudahkah kita melakukan strategi atau cara yang efektif untuk menemukannya? Setiap orang bisa merekayasa tujuan hidup, dimana intinya adalah “Yang penting saya sukses di dunia”. Apalagi jika semua keinginan terpenuhi dengan baik, maka orang tersebut dapat mengatakan bahwa ia telah berjalan dalam tujuan hidup. Karena itu kita perlu mengetahui strategi (cara) yang benar untuk menemukan tujuan hidup kita yang  s-e-b-e-n-a-r-n-y-a, bukan hanya sekedar mancapai kesuksesan dunia.

Ada beberapa tips Strategi Menuju Tujuan Hidup (Visi) Yang Benar
Temukan “Peta”

Pastikan bahwa tujuan hidup kita memuliakan Tuhan dan bersifat misi, yaitu membawa kebenaran Tuhan yang menyelamatkan manusia. Peta disini adalah gambaran mengenai tujuan yang akan kita capai. Kita perlu memiliki gambaran akhir yang jelas mengenai visi/tujuan kita. Seorang apakah kita nanati? Bergerak di bidang apa? Di mana? Kapan harus memulai? Strategi apa? Pertanyaan inilah yang harus kita jawab untuk menuju visi. Persiapkan petanya dan apa yang harus dilakukan sebelum manjalani visi secara sepenuhu waktu.

Jangan Lewatkan Kesempatan
Pasti ada kesempatan bagi setiap kita untuk mengembangkan tujuan hidup (Visi). Oleh karena itu jangan lewatkan jika ada kesempatan untuk menjalankan visi, khususnya bagi kita yang belum mulai menjalani visi secara sepenuh waktu. Raih setiap kesempatan atau peluang yang ada, meskipun kecil, supaya api visi kita tetap menyala dan semangat kita juga semakin meningkat. Jika ada tawaran dari orang lain yang berhubungan dengan visi, maka ambil tawaran itu dengan antusias. Ini merupakan latihan bagi diri kita sebelum menjadi visi sepenuh waktu.

Evaluasi &Fokus
Umumnya setiap kita yang belum menjalankan visi sepenuh waktu, pasti memiliki banyak hal lain yang di kerjakan. Ada pekerjaan, tanggung jawab, sekolah, dan lainnya yang kita kerjakan. Karena itu, jangan lupa mengevaluasi diri dan tetap fokus kepada visi. Banyak orang gagal mempersiapkan diri karena tidak fokus (terlalu banyak hal yang dikerjakan), sehingga lupa dengan visi yang sudah Tuhan berikan. Apalagi hal-hal yang kita kerjakan adalah rutinitas yang tidak secara langsung berkaitan dengan visi. Kelompokkan dan sortir semua kegiatan yang saat ini kita lakukan. Usahakan tetap fokus kepada visi.

Tetaplah Berdoa
Jangan menyepelekan doa atau hubungan dengan Tuhan. Tanpa doa, segala yang hendak kita lakukan akan menjadi kabur. Tingkatkan hubungan intim dengan Tuhan supaya kita tetap pada lajur yang benar dan mendapatkan kuasa untuk setiap hal-hal yang kita lakukan.

1 komentar: