6 Jul 2012

Ciri-Ciri Anda Depresi


enfonesia.com – Jakarta – Anda merasa mulai mengalami depresi atau tekanan? Depresi adalah penyakit mental, tetapi dapat mempengaruhi tubuh serta pikiran Anda.
Meski penyakit mental, apakah depresi mulai menjangkiti ternyata bisa diketahui gejala-gejalanya secara fisik atau kasat mata. Seperti dilansir dari WebMD.
Setidaknya ada 11 gejala fisik yang mungkin bisa Anda waspadai apakah artinya Anda mulai terserang depresi.
Masalah tidur
Kesulitan tidur, atau bahkan tertidur dalam waktu yang lama, adalah gejala umum bahwa seseorang mengalami depresi. Tetapi kebanyakan justru mereka yang tidur terlalu banyak menjadi gejala nyata dari depresi.
Sakit dada
Sakit dada memang dapat menjadi tanda dari masalah jantung atau paru-paru. Tapi kadang-kadang nyeri dada juga dapat menjadi tanda depresi.
Ada juga hubungan antara depresi dan penyakit jantung. Depresi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Plus, orang yang pernah mengalami serangan jantung lebih mungkin menjadi depresi.
Mudah lelah dan menjadi sangat lelah
Jika Anda merasa begitu letih sehingga Anda tidak memiliki energi untuk tugas sehari-hari – bahkan saat Anda tidur atau beristirahat banyak – mungkin menjadi tanda bahwa Anda mengalami depresi.
Menurut penelitian, orang yang mengalami depresi, empat kali lebih mungkin terkena kelelahan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya, dan orang yang menderita kelelahan hampir tiga kali lebih mungkin untuk mengalami depresi.
Depresi dan kelelahan bersama-sama cenderung membuat kedua kondisi tampaknya lebih buruk.
Nyeri dan sakit otot bersamaan
Nyeri dan depresi sangat erat kaitannya. Hidup dengan rasa sakit kronis dapat meningkatkan risiko depresi. Dan depresi itu dapat menyebabkan rasa sakit karena dua kondisi saling berkaitan dengan otak.
Bahkan, orang yang mengalami depresi tiga kali lebih mungkin untuk menimbulkan sakit kronis.
Masalah pencernaan
Otak kita dan sistem pencernaan sangat terhubung, itulah sebabnya mengapa banyak dari kita mendapatkan sakit perut atau mual saat kita stres atau cemas.
Sakit kepala
Orang dengan depresi sering mengeluhkan sakit kepala kronis.
Satu studi menunjukkan bahwa orang dengan depresi berat tiga kali lebih cenderung memiliki migrain dan orang dengan migrain adalah lima kali lebih mungkin mengalami depresi.
Perubahan nafsu makan atau perubahan berat badan
Beberapa orang kehilangan nafsu makan ketika merasa tertekan. Sementara orang lain tidak bisa berhenti makan – untuk menenangkan frustrasi atau kesengsaraan.
Hasilnya bisa menjadi berat adalah mungkin keuntungan, atau kerugian karena berat badan menurut atau sebaliknya.
Depresi telah dikaitkan dengan gangguan makan seperti bulimia, anoreksia. Pada wanita, hubungan antara depresi dan anoreksia atau bulimia sangat kuat.
Sakit punggung
Sakit punggung kronis dapat menyebabkan depresi.
Tapi depresi dapat meningkatkan risiko seseorang sakit punggung. Orang yang mengalami depresi mungkin empat kali lebih mungkin mengembangkan sakit leher atau sakit punggung.
Mudah marah dan gelisah
Lekas marah dan gelisah mungkin berhubungan dengan masalah tidur atau gejala lain dari depresi.
Depresi meningkatkan risiko alkohol atau penyalahgunaan zat lainnya, yang juga dapat berkontribusi untuk marah dan gelisah. Pria lebih mungkin untuk menjadi marah ketika mereka sedang tertekan dibandingkan perempuan
Masalah seksual
Jika Anda depresi, Anda mungkin kehilangan minat pada seks.
Depresi berat, khususnya, dapat berdampak pada seks. Orang yang mengalami depresi lebih mungkin untuk menggunakan alkohol dan obat-obatan, yang keduanya dapat mengurangi dorongan seks Anda.
Sulit atau hampir tak punya energi untuk berolahraga
Penelitian menunjukkan bahwa program olahraga secara teratur tidak hanya membuat Anda bugar, tetapi juga melepaskan zat kimia dalam.
Meskipun latihan tidak akan menyembuhkan depresi tetapi setidaknya dapat membantu mengurangi depresi dalam jangka panjang. Perlu diketahui bahwa jika Anda mengalami depresi, akan sulit untuk mendapatkan energi untuk tetap berolahraga.

0 comments:

Posting Komentar