9 Okt 2012

Tips#2 Langkah Awal Hadapi Putus Cinta


Mengatasi putus cinta tergantung dari beberapa faktor, seperti: seberapa lama dan intensitas hubungan lo, tingkat keintiman, dan seberapa besar investasi diri lo pada hubungan tersebut. Karena itu proses penyembuhan setiap orang berbeda-beda.

Beberapa orang dapat dengan mudah mengatasi putus cinta dan melupakan mantan kekasihnya hanya dalam hitungan minggu aja, namun beberapa lainnya terpuruk sedemikian lama sampe berbulan-bulan, bahkan tahunan, keluar dari belenggu sakit hati akibat putus cinta.

Mungkin lo termasuk golongan yang pertama, atau mungkin yang kedua, tapi bagaimanapun juga sebuah proses penyembuhan gak akan pernah di mulai kalo lo gak ngelakuin apapun. Jadi setelah lo menyadari dan mengerti hal pertama yang harus dilakukan: STOP Berpikir Sendiri, maka berikut adalah tiga langkah awal yang bisa langsung lo lakuin saat ini juga.

1. Berdoa.
Jangan meremehkan kekuatan sebuah doa. Dan gw gak lagi berbicara mengenai hal yang spiritual atau religius. Gw lagi ngomong tentang sebuah proses psikologis yang nyata. Karena dengan berdoa, lo ngijinin diri lo untuk menerima kenyataan, menerima semua rasa sakit, merelakannya dengan ikhlas, dan yang terpenting, memaafkan diri lo sendiri. Gw gak peduli apa agama dan kepercayaan lo, gw malah gak peduli apakah Anda beragama atau tidak, yang gw pengen lo lakuin cuma ngucapin beberapa baris kalimat di bawah ini dengan segenap perasaan dan seluruh niat lo.Ambil waktu dan tempat pribadi di mana lo gak akan diganggu, dan ucapkan kalimat berikut dari dasar hati lo:

“Saya sangat bersyukur karena telah mendapat kesempatan yang berharga bertemu dengan XXX (sebutin nama mantan kekasih lo). Saya bersyukur atas semua masa-masa indah dan kenangan manis yang telah saya alami bersamanya. Maafkan kesalahan saya yang tidak bisa menjaga hubungan ini, dan maafkan kesalahan XXX yang tidak bisa mempertahankan hubungan ini. Saya berdoa agar dia selalu bahagia dan mendapatkan apa yang dia cari. Tolong jaga dan lindungi XXX karena saya menyayanginya. Terimakasih atas pengalaman yang berharga ini. Saya tidak akan menyia-nyiakannya. Saya menerima dan merelakan semua yang terjadi. Amin..”

Begitu lo selesai, dan berkata “amin..”, gw janji lo bakal langsung ngerasain kelegaan yang luar biasa. Kelegaan atas segala rasa bersalah dan ketidak relaan yang menghimpit lo selama ini. Lo bakal merasakan tubuh dan hati lo jadi lebih ringan, seolah-olah sebuah beban berat telah diangkat. Dan lo pun bakal siap untuk langkah yang berikutnya.

2. Lakukan kegiatan yang buat lo sehat, nyaman dan energik.
Lo perlu menaruh perhatian yang besar pada kesehatan dan kenyamanan hidup lo. Gak ada orang yang dapat melakukan itu selain diri lo sendiri. Misalnya hal-hal seperti shopping, memperbaiki pola makan dan istirahat, serta apapun yang membuat lo bersemangat lagi. Gw sangat menganjurkan lo mulai berolah raga, mungkin fitness atau jogging dengan teman-teman lo. Karena bukan aja lo bakal merasa lebih sehat, olah raga adalah tempat penyaluran yang positif bagi emosi negatif lo.

Gali lagi hobi lo yang terhilang. Lo pasti punya beberapa minat dan hobi yang dikubur semenjak pacaran dulu, entah karena terlalu sibuk atau bertentangan dengan minat sang kekasih saat itu. Saatnya bagi lo untuk kembali menggali dan memainkan hal-hal tersebut .

3. Temui sahabat-sahabat Lo.
Salah satu hal terpenting dalam proses penyembuhan adalah menceritakan bagaimana keadaan dan perasaan lo. Sebisa mungkin usahakan agar lo gak merenung sendirian terlalu banyak. Berkumpul lah bersama teman-teman lo, dan bersenang-senanglah.

Selain sahabat-sahabat terdekat, lo juga bisa menghubungi teman-teman yang sudah lama gak pernah bertemu dengan lo. Kontak mereka melalui Facebook dan atur janji untuk reuni kecil-kecilan. Waktu lo bertemu dengan teman-teman lama lo, teman SMP/SMA mungkin, sudah pasti akan tercipta suasana yang menyenangkan. Dan ini sangat bagus buat lo.

Dan selanjutnya lo pun bisa mulai bertemu dengan teman-teman baru. Buka diri lo dan jangan menutup pergaulan. Bertemu orang-orang baru akan memberikan pengalaman baru bagi lo, dan ketika lo dikelilingi oleh suasana yang baru, akan sulit bagi lo untuk terus memikirkan masa lalu lo.

Waktu melakukan ketiga langkah di atas untuk pertama kalinya, mungkin belum terasa sebuah perubahan yang signifikan pada keadaan emosi maupun hidup lo, tapi yang jelas hal tersebut JAUH LEBIH BAIK dari pada kalo lo hanya bermuram durja dan meratapi kesedihan Anda yang tiada akhir.

Semakin sering lo bersedih, semakin terpuruk keadaan lo, dan semakin sulit pula untuk menyembuhkan diri serta meraih kebahagiaan lo kembali.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, gw yakin lo bakal dapat melalui keadaan ini dengan lebih mudah dan ringan. 

Kalo lo udh bisa ngelakuin hal-hal yang diatas, brati lo bisa ngelanjutin ke tahap selanjutnya; Cara Menghapus Kenangan Dengan Mantan Lo

0 comments:

Posting Komentar