12 Jul 2012

Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Langsung Tidur Setelah Makan


Langsung tidur setelah makan dapat merugikan kesehatan tubuh. Hal tersebut diakibatkan karena langsung tidur setelah makan akan membuat tubuh kita bekerja keras untuk mencerna makanan terakhir yang masuk ke perut, dan hal itu dapat menimbulkan resiko penyakit seperti gangguan pencernaan hingga peningkatan resiko terserang stroke.

Bahaya akibat langsung tidur setelah makan

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang terjadi akibat kebiasaan tersebut, seperti yang dilansir oleh Livestrong.

Berat badan naik

Untuk menurunkan berat badan, tubuh kita harus membakar kalori lebih banyak dari kalori yang kita konsumsi. Makan larut malam sangat berbahaya karena bisa membuat tubuh menumpuk lemak lebih banyak. Jika Anda merasa lapar disaat malam hari, sebaiknya cobalah mengisi perut dengan makanan sehat seperti salad dan buah, bukan makanan tinggi kalori seperti kue atau pizza.

Rasa panas di dada & penyakit maag

Pada awalnya berbaring setelah makan mungkin akan membuat Anda merasa baik, namun sementara tubuh kita beristirahat, sistem pencernaan akan bekerja keras.
Langsung tidur setelah makan dapat memicu kita terserang penyakit maagh. Hal tersebut akibat dari tubuh kita mengalami kelebihan asam lambung hingga menimbulkan rasa panas yang menyebar di daerah perut serta tenggorokan.

Refluks asam

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam terjadi akibat dari katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup sepanjang jalan. Hal ini memungkinkan asam lambung untuk kembali ke tenggorokan, yang menyebabkan rasa seperti terbakar.
Dan yang lebih buruknya lagi, berbaring ke sisi kanan setelah makan dapat memperparah kondisi diatas.

Stroke

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of Ioannina Medical School di Yunani, kebiasaan tidur setelah makan disinyalir juga mampu meningkatkan resiko terserang penyakit stroke.
Itulah beberapa resiko dari kebiasaan langsung tidur setelah makan. Dengan telah mengetahui hal tersebut, mulai saat ini marilah kita menghindari hal itu. (aurapesona)

0 comments:

Posting Komentar