12 Jul 2012

Cara Mengetahui Madu Asli Atau Palsu

Madu merupakan salah satu minuman yang sangat sehat dan mengandung banyak sekali manfaatnya. madu juga merupakan salah satu makanan/minuman yang disebutkan dalam al'quran. ada banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan bahkan juga untuk kecantikan. berikut ini adalah beberapa manfaat madu yang mungkin banyak orang yang belum tahu.

- Madu untuk menjaga kesehatan mata
- sebagai obat luka
- untuk memperkuat sel darah putih
- untuk obat kesuburan suami istri
- untuk menambah tenaga dan stamina
- sebagai obat penstabil tekanan darah
- sebagai obat anemia
- sebagai obat alergi
- untuk pencegahan osteoporosis
- untuk obat pencegah infeksi pada luka terbuka
- obat gangguan pernafasan
- obat sembelit
- obat asma
- obat gangguan jantung
- obat radang tenggorokan
- serta manfaat lainnya

namun sayang, saat ini di Indonesia banyak sekali makanan yang dipalsukan atau dicampur dengan bahan-bahan kimia untuk meraup keuntungan yang lebih besar tanpa mempedulikan efek bagi para konsumennya. seperti pencampuran borax, formalin, cat pewarna pakaian pada makanan, seperti yang sering kita lihat di layar televisi. tidak terkecuali dengan madu, banyak sekali madu yang telah dicampur dengan berbagai bahan untuk mengelabuhi konsumen, bahkan adapula madu yang dibuat benar-benar tanpa ada unsur madu yaitu dengan menggunakan gula. banyak sekali cara pembuktian untuk mengetahui madu tersebut asli atau tidak, seperti dengan membiarkannya di tempat terbuka, jika madu tersebut didatangi semut maka madu tersebut tidak asli. tapi apakah benar cara tersebut bisa memastikan bahwa madu tersebut benar-benar asli? belum tentu. banyak bahan yang bisa ditambahkan untuk membuat semut menjauh dari "madu" tersebut. lalu bagaimana kita bisa membuktikan keaslian sebuah madu? berikut ada beberapa metode yang bisa kita gunakan.

madu selalu membentuk pola segi enam


ada satu fakta yang menarik tentang madu dan lebah, yaitu bidang segi enam. ternyata, ketika lebah membuat sarangnya yang berbentuk lubang-lubang segi enam tersebut, lebah membuatnya bukan dari tengah melainkan dari pinggir. beberapa lebah membuat secara terpisah dari pinggir kemudian bertemu di tengah, ajaibnya semua segi enam yang terbuat tersebut tidak ada yang tumpang tindih. segi enam rumah lebah ini juga menginspirasi para pakar telekomunikasi dalam membuat sektor-sektor untuk pemancar bts mereka.

fakta lainnya ternyata tidak hanya pada rumah lebah yang berbentuk segi enam, pada madunya pun ternyata juga demikian. cobalah ambil piring dan madu anda, kemudian oleskan madu pada piring tersebut secara agak melebar. kemudia beri air putih atau air bening. selanjutnya goyang-goyangkan air sehingga air menyapu madu berkali-kali, seperti orang yang mencari emas di sungai. kemudian lihat hasilnya. jika madu yang menempel membetuk pola segi enam yang kongruen seperti sarang lebah maka madu tersebut asli. sedangkan untuk madu yang tidak asli, yang sudah dicampur dengan bahan lain maka hasilnya tidak membentuk segi enam yang kongruen. hal itu karena madu tersebut sudah rusak oleh zat lain.

madu gulali/gula


salah satu zat atau bahan yang sering dicampurkan pada madu adalah gula. untuk membuktikan keaslian madu bisa kita lakukan pengetesan seperti berikut ini. ambil 1 sendok madu kemudian panaskan. setelah itu tarik madu ke atas dengan jari, jika madu putus maka madu tersebut asli. jika madu tidak terputus dan mengeras seperti gulali maka mungkin madu tersebut ada campuran gulanya. namun cara ini mungkin bisa diakali oleh pedagang nakal dengan menambahkan zat tertentu yang membuat gula menjadi seperti madu ketika dipanaskan.

semut tidak suka madu


benarkah semut dan hewan-hewan lain tidak suka madu?

ternyata tidak seperti itu, pernyataan-peryataan seperti itu hanyalah bahasa pedagang yang ingin membohongi konsumen. ternyata semut, kecoa, beruang, bahkan harimau menyukai madu. bukankah kita tahu ada jenis beruang madu? dan kita tahu insting hewan itu sangat kuat, tentu mereka tahu makanan yang mengandung banyak vitamin dan yang tidak. dan seperti yang kita tahu, madu mengandung banyak sekali vitamin yang tentunya akan sangat digemari oleh hewan-hewan di atas. hewan memiliki tingkat kepekaan yang sangat tinggi untuk mendeteksi zat kimia yang terkandung di dalam makanan. justru madu yang tidak didekati semut adalah madu yang tidak asli. mungkin semut tahu ada zat-zat kimia tertentu yang dicampurkan dalam madu tersebut. hal ini seperti kasus yang sering kita lihat di televisi, yaitu kasus ikan asin berformalin yang mana tidak ada lalat atau kucing yang mau mendekati ikan tersebut.

mitos-mitos lainnya yang sudah mendarah daging dalam masyarakat tentang kekeliruan cara membuktikan keaslian madu diantaranya adalah madu asli mengeluarkan gas, telur dapat matang di dalam madu asli, korek api tetap bisa menyala di dalam madu asli, dll. mitos-mitos tersebut tidak benar. mungkin akan kita bahas lebih mendalam lagi pada artikel selanjutnya.

0 comments:

Posting Komentar