31 Jul 2012

Cara Mengatasi Kesemutan


Pernah merasakan kesemutan pada bagian-bagian tertentu di tubuh Anda? Jika jawabannya iya, mungkin Anda bertanya-tanya kenapa bisa seperti itu. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kesemutan.
Tips Mengatasi Kesemutan    Mereka yang terkena kesemutan atau dalam bahasa ilmiahnya parestesia akan merasakan sensasi rasa seperti dirambati sesuatu. Kesemutan ini adalah terminologi untuk suatu gejala dan bukan diagnosis penyakit. Itu sebabnya gejalanya bisa dijumpai pada beberapa penyakit yang mengenai saraf.
    Ada beberapa cara agar Anda bisa mengatasi kesemutan. Anda bisa memijat atau menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan secara perlahan-lahan. Hal ini sangat baik untuk memperbaiki alirah darah di bagian tubuh yang kesemutan.
    Sebaiknya jangan berdiam terlalu lama, karena bisa menyebabkan kesemutan. Untuk menghindari kesemutan, sebaiknya juga menghindari minuman beralkohol karena bisa mengakibatkan defisiensi vitamin B yang diperlukan dalam aktivitas saraf.
    Dalam beraktivitas sehari-hari, sebaiknya Anda selalu menjaga posisi tubuh yang baik. Hal ini penting agar tidak membebani syaraf dan menghambat peredaran darah yang bisa menyebabkan kesemutan. Jangan lupa juga untuk olahraga secara rutin untuk melancarkan peredaran darah.
    Jika Anda seharian bekerja didepan komputer, luangkanlah beberapa menit untuk berjalan-jalan di sekitar area kantor. Buat tubuh Anda serileks mungkin dan lakukan peregangan. Jika tubuh sudah lelah, jangan memaksakan diri untuk terus berdiam dalam satu posisi. Coba istirahat sejenak.
    Penuhilah kebutuhan nutrisi Anda. Terutama makanan yang mengandung zat besi. Meski terlihat sepele, kesemutan juga bisa menjadi gejala dari beberapa macam penyakit. Misalnya saka diabetes melitus, jantung dan reumatik.
    Mengatasi kesemutan memang terlihat mudah. Cukup digerak-gerakkan sudah hilang. Tapi jika berkelanjutan, ada baiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

0 comments:

Posting Komentar