2 Agt 2012

7 Langkah Kecil Untuk Menyenangkan Hati


Hidup memang tak selalu menyenangkan, karena ada juga saat di mana Anda akan merasa sedih atau marah. Tapi coba lakukan beberapa langkah kecil berikut ini, yang meski sederhana bisa membantu Anda untuk sedikit ‘berdamai’ dengan diri sendiri.
Berhenti bandingkan diri
Teman A karirnya lebih tinggi padahal usianya lebih muda dari Anda. Teman B akan segera menikah, sedangkan Anda punya pacar saja belum. Ada pula teman C yang mendapatkan beasiswa ke luar negeri dan tampak bahagia menjalankan hidupnya. Perasaan iri karena membandingkan diri dengan kelebihan orang, hanya akan membuat Anda merasa ‘kecil’ dan sedih. Daripada menghitung kelebihan yang dimiliki orang lain, lebih baik hitung saja kesuksesan yang pernah Anda capai.
Bantu orang lain
Dengan memberikan bantuan kepada orang lain, Anda tidak hanya bisa membuat mereka senang tapi juga akan mendapatkan kepuasan pribadi. Jadi, saat ada teman atau keluarga yang membutuhkan bantuan Anda, sekecil apapun, jangan ragu untuk turun tangan.
Coba hal baru
Mungkin rasa sedih yang Anda rasakan sebenarnya disebabkan rasa jenuh atau bosan. Karena itu, tak ada salahnya mencoba hobi baru, karena siapa tahu lewat hobi tersebut Anda menemukan bakat dan minat Anda di bidang yang berbeda.
Gagal? Coba lagi
Kegagalan memang bisa menyebabkan Anda jadi tak percaya diri, tapi sebenarnya Anda harus bangga karena ketika gagal artinya Anda belajar. Percayalah, pengalaman belajar adalah guru terbaik dalam hidup.
Tersenyum pada orang lain
Jangan biarkan wajah Anda terus-menerus cemberut sepanjang hari, karena akan membuat suasana hati malah buruk. Cobalah tersenyum dan menyapa orang-orang yang Anda temui di kantor, serta bersikap ramah dengan orang yang baru dikenal. Dengan tersenyum, hati Anda menjadi senang, demikian pula orang yang Anda lempari senyuman.
Tak perlu pusing pendapat orang lain
Ada saja pendapat orang lain yang terdengar pedas di kuping. Tapi sebenarnya Anda tak usah terlalu memusingkan pendapat mereka. Jika pendapat tersebut berupa kritikan, terima saja dengan lapang dada, karena itu artinya mereka perhatian pada Anda.
Jangan lari dari masalah
Masalah itu sudah seharusnya Anda hadapi, bukan untuk dihindari. Dengan memberanikan diri untuk menghadapi masalah, Anda akan merasa lebih baik dan rasa percaya diri pun akan meningkat. (Kabar24/aw)

0 comments:

Posting Komentar